Masih dalam kategori
Tugas Kuliah, kalau kemarin saya membuat artikel analisis tentang
search engine lokal. Nah sekarang yaitu masih tentang
analisis search engine juga namun non lokal, maksud nya search engine yang bukan berasal dari dalam negeri. Menganalisis mulai dari karakteristiknya, mode indexing dan searching.
Google merupakan
search engine No#1 dan terbesar di dunia maya!, si raksasa ini berperan dalam hal penelusuran di internet dan iklan online. Dikenal luas karena layanan pencarian web nya. Dalam hal penelusuran halaman,
Google dapat mengindeks miliaran halaman web dengan menggunakan kata kunci atau keyword.
Search engine ini juga telah menambahkan layanan pencarian lain nya seperti, penelusuran gambar, berita, peta, video dan lain-lain.
Google juga memberikan layanan email gratis kepada semua pengguna internet secara gratis.
Penghasilan google 99% berasal dari iklan nya (Google Adsense). Diperkirakan pendapatan
Google sekitar 9,72 miliar dollar AS ( 11/10/14 ).
Yahoo! sebuah perusahaan yang terkenal dengan portal web nya, Produk dan layanan yang diberikan bagi pengguna jika membuka portal web Yahoo antara lain:
- Mode Pencarian,
- Komunikasi,
- Konten,
- Mobile,
- Perdagangan,
- Usaha Kecil, dan
- Periklanan.
Contoh dari layanan pencariannya misal nya
Yahoo! Search. Rank dari mesin pencari ini berada di posisi di bawah Google, No#2. Sama seperti hal nya
search engine yang diatas (Google), Yahoo!Search dapat mengindeks halaman web, video, gambar, berita, dan lain nyaa..
Yahoo! juga memberikan layanan-layanan yang tidak kalah dengan
Google seperti Yahoo!Messenger, Yahoo!Mail. Banyak penyedia konten yang bekerjasama dengan Yahoo untuk menjual produk nya seperti Yahoo! Music, Yahoo! Finance, Yahoo! Sports, Yahoo! Movies, Yahoo! Games, Yahoo! News, dan Yahoo! Answer.
Pendapatan dari Yahoo!Search ini mencapai US$ 296 miliar.
Mesin pencari ini merupakan peranakan dari Microsoft. Pencarian di Bing dapat dikelompokan berdasarkan empat kategori, yaitu Web, Image dan xRank.
Search angine ini mampu memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat dan mampu menjadi mesin pencari yang dapat diandalkan dalam hal mencari informasi. Beberapa fitur dari bing antara lain :
- Best Match
- Interface Features
- Media Features
- Instant Answer
- Bing Maps, dan
- Bing Travel
Karakteristik dari Bing adalah gambar latar belakangnya yang variatif, hasil pencarian gambar dan video dapat ditampilkan dan di saring secara rinci, terdapat kotak detail pada hasil pencarian, tampilan map nya yang interaktif, ada fasilitas pencarian terkait, dan smart video.
Diperkirakan pendapatan dari
search engine Bing adalah ...
Situs portal web ini juga merupakan salah satu
search engine yang sama seperti search engine - search engine diatas. Search engine ini dapat mengindeks Image, Video, Berita, dan Peta juga kini situs ini sudah mendukung semua bahasa di dunia.
Search engine dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Layanan yang diberikan oleh mesin pencari ini yaitu Windows Live Messenger dan Windows Hot Mail.
Penghasilan dari
search engine MSN yaitu ....
"
Punya pertanyaan?? Anda telah datang ke tempat yang tepat" itu lah yang motto yang ada di search engine ini. Kategori pencarian yang dapat di indeks oleh Ask.com ini adalah Images, News, Videos, Local, dan Reference.
Penghasilan dari Ask.com ialah ...
Sekian dulu dari Tugas Analisis minggu ini,
Semoga bermanfaat